Tips Memilih Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Memilih baju adalah salah satu kegiatan yang bisa menyita waktu seseorang. Memilih baju untuk orang gemuk tentu berbeda dengan cara memilih baju untuk orang kurus, begitu juga memilih baju anak. Semuanya harus dikenakan dengan tepat sesuai dengan bentuk tubuh.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memilih pakaian, apalagi jika disesuaikan dengan bentuk tubuh anda. Anda harus memerhatikan apakah sudah sesuai dengan style anda, apakah sudah cocok dengan warna, dengan usia dengan pertimbangan untuk acara formal atau non formal. Apalagi untuk wanita, biasanya sangat penting dalam memerhatikan soal penampilan. 6 bagian besar wanita dalam memilih baju yang sesuai bentuk tubuh bisa dilihat dengan memerhatikan hal berikut:

Bentuk tubuh bagai buah pir
Tahu dong ya artis JLo, Shakira atau Beyonce? Nah merekalah pemilik bentuk tubuh bagai buah pir. Dimana bagian pinggul, baha dan pantatnya memiliki bagian terbesar dari yang lainnya.

Cara memilih baju yang sesuai bentuk tubuh buah pir, sebaiknya bagian yang bawah lebih diseimbangkan dengan bagian yang atas. Berikan sentuhan bagian atas yang ramai dan berwarna cerah. Karena cara memilih baju dengan cara ini bisa membuat perhatian teralihkan. Pilih kerah yang lebar atau besar, bisa ditambahkan renda / draperi. Motif garis horisontal juga bisa mengatasi mengalihkan pandangan.

Yang harus dihindari dengan bentuk tubuh buah pir ini, jangan memakai celana pensil, model tube atau rok model fishtail. Karena bawahan yang terlalu ketat, justru mempertegas bentuk pantat yang besar.

Bentuk tubuh persegi panjang
Karakteristik bentuk tubuh persegi panjang ini, bagian dada dan pinggulnya memiliki ukuran yang sama. Dimana garis pinggangnya tidak jelas dan tidak mempunyai lekuk tubuh. Artis yang memiliki tubuh model persegi panjang seperti, Melanie C, Hullary Duff, Cameron Diaz dan lain-lain.

Cara memilih baju yang sesuai, gunakan coat panjang dengan motif geometris dan padukan dengan ikat pinggang agar terlihat lebih seksi dan berlekuk. Pilih yang simple dan jangan terlalu ramai. Hindari penggunaan aksesoris yang terlalu banyak.

Bentuk tubuh segitiga terbalik
Tubuh yang memiliki model segitiga terbalik ini, mempunyai karakteristik bahunya lebar dibanding dengan pinggangnya seperti mirip atlet.

Cara memilih baju yang sesuai untuk bentuk tubuh segitiga terbalik ini, ginakan atasan dengan model slean cut yang tanpa detail di bagian bahu. Karena bentuk tubuh segitia terbalik ini memiliki kesan yang maskulin, dengan bahu yang lebar. Maka sebaiknya gunakan atasan yang lembut, gunakan rok bawah model A-line ata celana bervolume, semo boot cut atau yang jelas di bagian bawah agak besar. Jauhi pemakaian celana ketat yang mengecil ke bawah.

Bentuk tubuh Apel
Tubuh yang mempunyai bentuk apel ini, memiliki ukuran yang besar di bagian pinggang. Cara memilih baju yang baik dengan model tubuh  buah apel, cocok menggunakan baju model empire dress ialah baju yang memiliki tali di bahu. Bisa juga tambahkan belt untuk membentuk, tetapi jika tergolong kurus pakai baju dengan garis leher yang rendah. Untuk atasan gunakan blazer coat atau jaket dengan model V-neck. Jika ingin menggunakan rok, sebaiknya gunakan yang tidak terlalu panjang.

Hindari menggunakan accesoris atau manik-manik yang terlalu mendetail di bagian pinggang. Untuk ikat pinggang, jika anda ingin menggunakannya pilih yang ukurannya cukup besar atau yang sedang.

Tips Merawat Kaos Polos Agar Selalu Nyaman Dipakai